Tools Pada Ms.Word 2003

BAB I
PENDAHULUAN

A. PENGERTIAN
Protect document biasa digunakan oleh user untuk melindungi dokumen agar aman dari pihak kedua,ketiga dan seterusnya yang akan mengubah isi dokumen kita, maka dari itu Protect document sangat aman bagi dokumen-dokumen penting kita.
Letters and Mailing digunakan untuk pembuatan mail merge ( surat dengan banyak alamat yang berbeda lalu dicetak gabung.
Envelopes and label adalah salah satu fasilitas Ms.Word yang digunakan untuk membuat dan mencetak amplop secara tunggal ataupun massal.
Letter wizard adalah salah satu fasilitas Ms.Word yang digunakan untuk membuat surat melalui fasilitas wizard.
Macros adalah salah satu fasilitas Ms.Word yang digunakan untuk membuat,merekam dan memproteksi macro.
Customize adalah salah satu fasilitas Ms.Word yang digunakan untuk pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis icon aktif yang di tampilkan.
Options adalah salah satu fasilitas Ms.Word yang digunakan untuk melakukan pemilihan dan pengaturan mode pada pilihan menu cetak, save, edit, view, letak file, grammar dan spelling , maupun pengaturan umum ( general ).

B. RUMUSAN MASALAH
Apa sih pengertisan dan cara menggunakan :
Protect document,
Letters and mailings,
Envelopes and labels,
Letter wizard,
Macros, customize
dan Options
pada menu Tools, dan bagaimana cara menggunakan dan apa sih manfaatnya…

C. TUJUAN MAKALAH
Mengetahui pengertian dari protect document, letters and mailings, envelopes and labels, letter wizard, macros, customize dan options beserta ketentuan, cara penggunaan dan manfaatnya sehingga dapat dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

D. KEGUNAAN MAKALAH
Bagi penulis, dengan membuat makalah ini semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang protect document, letters and mailings, envelopes and labels, letter wizard, macros, customize dan options . sehingga dapat mangaplikasikannya. Bagi piak lain. Tentunya dapat dijadikan sebagai suatu gambaran mengenai bagaimana cara penggunaan dan dapat dijadikan motivasi dan panduan dalam mengaplikasikannya dikehidupann sehari-hari.

E. Prosedur Makalah
Prosedur penulisan makalah ini dibuat dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif melalui metode kajian literature atau study pustaka.

BAB II
PEMBAHASAN

A. PROTECT DOCUMENTS
Adalah salah satu fasilitas pada Ms.Word yang digunakan untuk melindungi dokumen dari campur tangan pihak lain.
Cara penggunaan :
1.Pada tampilan stanby Ms.Word klic Tools lalu klik protect document seperti pada gambar disamping

Pada task pane Protect Document, di bawah pembatasan Editing, pilih Hanya izinkan jenis ini dalam dokumen mengedit kotak centang, kemudian klik salah satu dari pilihan berikut:
Tidak ada perubahan (baca saja) Mencegah pengguna dari mengubah dokumen.
Komentar Mengizinkan pengguna untuk menyisipkan komentar (Insert menu, Komentar perintah) ke dalam dokumen. Pengguna tidak dapat mengubah isi dokumen.

2.Pilihbagian dokumen yang ingin Anda menjadi tak terbatas.
Sebagai contoh, pilih satu blok paragraf, sebuah heading, kalimat, atau sepatah kata pun.
3.Lakukan salah satu dari berikut ini:
Izinkan siapa pun yang membuka dokumen untuk mengedit bagian yang Anda pilih .
Semua orang o Pilih kotak centang di kotak Grup.
1.Memungkinkan individu-individu tertentu untuk mengedit bagian yang Anda pilih
2.Klik More pengguna, dan kemudian masukkan nama pengguna baik dengan Microsoft Windows user account atau melalui e-mail. Pisahkan nama dengan titik koma.
3.Klik OK.
4.Pilih kotak centang di sebelah nama-nama individu yang memungkinkan Ada untuk mengedit bagian yang Anda pilih.
Catatan Jika Anda memilih lebih dari satu individu, individu-individu ditambahkan sebagai suatu item ke dalam kotak Group, sehingga Anda dapat dengan mudah memilih mereka lagi tanpa harus memilih mereka secara individual.
5.Lanjutkan untuk memilih bagian dari dokumen dan assign pengguna izin untuk mengedit mereka, seperti yang Anda inginkan.
6.Dibawah Start penegakan, klik Yes, Mulai Menegakkan Perlindungan.
Lakukan salah satu dari berikut ini:
Untuk menetapkan sandi untuk dokumen sehingga pengguna yang tahu password dapat menghapus perlindungan, ketik password pada Enter new password (opsional) kotak, dan kemudian konfirmasikan password.
Untuk mengenkripsi dokumen sehingga hanya pemilik disahkan dokumen dapat menghapus perlindungan, klik Pengguna otentikasi.

B. LETTERS AND MAILING
Adalah salah satu fasilitas pada Ms.Word yang digunakan untuk pembuatan mail merge ( surat dengan banyak alamat yang berbeda lalu dicetak gabung.
Cara penggunaan:
1.pada tampilan stanby Ms.Word
klikmenú Tools ,lalu Pilih letters
andmailing.seperti pada
gambar disamping
2.setelah itu akan muncul 4 pilihan
menú yaitu mail merge, show
mail merge toolbar, envelopes
and labels dan setter wizard.
Ssseperti pada gambar di samping
3.pilihlah salah satu dari ke 4 menu
untuk memulai menggunakan nya.

C. ENVELOPES AND LABELS
Adalah salah satu fasilitas pada Ms.Word yang di gunakan untuk membuat dan mencetak amplop secara tunggal ataupun massal.
Cara penggunaan :
1.pada tampilan stanby Ms.Word
klik menu Tools, lalu arahkan
pointer ke pilihan Letters and
mailing, lalu klik envelopes
and labels, seperti pada gambar
di samping

2.pilih dan klik lah envelopes
and labels dan akan muncul
kotak dialog envelopes and
labels , seperti pada gambar
samping.
3.klik lah tab Envelopes.
4.ketiklah alamat pada kotak
isian berikut ini :
Delivery address : alamat yang dituju
Return address : alamat pengirim

5.kliklah tombol perintah options
dan muncul kotak dialog
Envelope Option, seperti
Pada gambar disamping
6.kliklah tombol panah (  ) pada
daftar pilihan Envelope Size,
untuk memilih ukuran amplop.
7.kliklah salah satu ukuran yang
di sediakan.

8.kliklah tombol perintah Font
pada bagian Delivery address
dan Return address untuk
memilih jenis huruf. Dan akan
muncul kotak dialog seperti
pada gambar disamping.
9.pilihlah salah satu jenis huruf
yang telah di sediakan.

10.kliklah tab printing options
untuk menentukan penampilan
posisi amplop. Dan akan muncul
kotak dialog seperti disamping
11.pilih dan kliklah salah satu
penampilan amplop pada bagan
Feed method.
12.kliklah tombol perintah OK ,
kembali ke kotak doalog
envelopes and labels.
13.siapkan amplop di bak printer
14.kliklah tombil perintah Print.

D. LETTER WIZARD
Adalah salah satu fasilitas Ms.Word yang digunakan untuk membuat surat melalui fasilitas wizard.
Cara menggunakan :
Sebagian besar konten dalam topik
ini mungkin tidak berlaku untuk
beberapa bahasa.

1. Buka huruf yang Anda
inginkan untuk mengubah atau lengkap.
2. Pada menu Tools, arahkan ke
Surat dan Surat, kemudian klik
Letter Wizard.
3. Klik tab untuk menampilkan
pilihan untuk pengaturan surat
yang berbeda dan unsur-unsur,
dan kemudian mengubah opsi
yang Anda inginkan.
E. MACROS

Jika Anda melakukan tugas yang berulang-ulang dalam Microsoft Word, Anda dapat mengotomatisasi tugas dengan menggunakan makro. Sebuah makro adalah serangkaian Word perintah dan instruksi yang Anda mengelompokkan bersama-sama sebagai satu perintah untuk menyelesaikan suatu tugas secara otomatis.
Berikut adalah beberapa kegunaan khas macro:
Untuk mempercepat rutin mengedit dan memformat
Untuk menggabungkan beberapa perintah, misalnya, memasukkan sebuah meja dengan ukuran tertentu dan perbatasan, dan dengan jumlah tertentu baris dan kolom
Untuk membuat pilihan dalam kotak dialog lebih mudah diakses
Untuk mengotomatisasi serangkaian kompleks tugas Firman menawarkan dua cara untuk membuat makro: perekam makro dan Visual Basic Editor.
Perekam makro di Word bertindak seperti tape recorder. It records keystrokes disengaja Anda dan klik tombol mouse dengan menerjemahkan mereka ke dalam Microsoft Visual Basic for Applications kode. Ketika Anda merekam makro, Anda dapat menggunakan mouse untuk mengklik perintah dan opsi, tetapi tidak untuk memilih teks. Anda harus menggunakan keyboard untuk merekam tindakan ini. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan F8 untuk memilih teks, lalu tekan END untuk memindahkan kursor ke akhir baris.

Tips untuk merekam macro
a.Sebelum Anda merekam makro, rencana langkah-langkah dan perintah yang Anda ingin makro untuk melakukan.
b.Jika Anda membuat kesalahan ketika Anda merekam makro, koreksi yang Anda lakukan juga akan didata. Anda dapat mengedit makro kemudian untuk menghilangkan langkah-langkah yang tidak perlu merekamnya.
c.Cobalah untuk mengantisipasi setiap pesan yang mungkin Firman layar yang dapat mencegah makro dari Anda berjalan.
d.Jika makro termasuk menu Edit Cari atau Ganti perintah, klik More on the Cari atau Ganti tab, kemudian klik Semua dalam kotak Pencarian. Jika pencarian makro hanya atas atau ke bawah, Word berhenti makro saat mencapai awal atau akhir dokumen dan menampilkan pesan yang menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan pencarian.
e.Jika Anda ingin menggunakan makro Anda merekam dalam dokumen-dokumen lain, pastikan bahwa makro tidak bergantung pada isi dokumen saat ini.
f.Jika anda menggunakan makro tertentu sering, assign ke tombol toolbar, menu, atau tombol pintas. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan makro secara langsung tanpa harus membuka kotak dialog Macro.

Penyimpanan macro
Anda dapat menyimpan makro dalam template atau dalam dokumen. Secara default, Word menyimpan macro di template Normal sehingga mereka tersedia untuk digunakan dengan setiap dokumen Word. Jika Anda berencana untuk menggunakan makro dalam satu dokumen, menyimpannya dalam dokumen. Individu macro dalam dokumen tersebut disimpan dalam proyek makro yang dapat Anda menyalin dari satu dokumen ke yang lain.

E. CUSTOMIZE
Anda dapat menyusun dan memodifikasi tombol toolbar, menu, dan menu perintah dengan menggunakan mouse atau Anda dapat menggunakan Perintah Atur ulang kotak dialog yang dapat diakses dengan menggunakan menu keyboard. Tugas ini diidentifikasi sebagai (keyboard diakses).
Anda tidak dapat menambahkan, menghapus, atau mengatur ulang menu shortcut dalam Microsoft Office. Namun, Anda dapat memodifikasi perintah gambar, mengubah nama perintah, menampilkan ikon dan teks untuk perintah, dan memindahkan atau menyalin perintah ke atau dari menu shortcut seperti yang Anda dapat untuk menu lain di Kantor.
Pada menu Tools, klik Customize.
Lakukan salah satu dari berikut ini:
1.Menghapus perintah dari menu shortcut
Pada kotak dialog Customize,
klik tab Toolbars.
2.Bawah Toolbar, Shortcut Menu
pilih kotak centang.
3.Klik kategori di bagian Shortcut
Menu toolbar, dan kemudian klik shortcut
menu yang berisi perintah.
4.Drag perintah dari menu.
Menghapus perintah dari menu
shortcut (keyboard diakses)
5.Pada kotak dialog Customize,
klik tab Commands.
6.Klik Atur ulang Perintah.
7.Dalam daftar Toolbar, klik shortcut
menu yang ingin Anda ubah, seperti
Shortcut Menus | Tabel | Tabel.
8.Dalam daftar Kontrol, klik perintah
yang ingin Anda hapus.
9.Klik Hapus.
Menambahkan perintah untuk menu shortcut
10.Pada kotak dialog Customize,
klik tab Toolbars.

11.Bawah Toolbar, Shortcut Menu
pilih kotak centang.
12.Klik kategori di bagian Shortcut
Menu toolbar, dan kemudian klik menu
cara pintas yang ingin Anda ubah.
13.Pada kotak dialog Customize,
klik tab Commands.

14.Pada kotak Kategori, klik
kategori untuk perintah.
15.Drag perintah dari kotak Perintah
ke tempat yang Anda inginkan untuk
muncul di shortcut menu, dan kemudian
melepaskan mouse.

Tambahkan perintah untuk menu shortcut (keyboard diakses)
16.Pada kotak dialog Customize,
klik tab Commands.
17.Klik Atur ulang Perintah.
18.Dalam daftar Toolbar, klik
shortcut menu yang ingin Anda
ubah, seperti Shortcut
Menus | Tabel | Tabel.
19.Dalam daftar Kontrol, klik perintah
di atas yang Anda ingin perintah
baru untuk muncul.
20.Klik Tambah.
21.Pada kotak Kategori,
klik kategori untuk perintah.
22.Pada kotak Perintah, klik perintah
yang Anda inginkan.

F. OPTIONS
Adalah salah satu fasilitas Ms.Word yang digunakan untuk melakukan pemilihan dan pengaturan mode pada pilihan menu cetak, save, edit, view, letak file, grammar dan spelling , maupun pengaturan umum ( general ).
Ubah mengetik dan pilihan pengeditan
1. Pada menu Tools, klik Options, kemudian klik tab Edit.
2. Pilih opsi-opsi yang Anda inginkan.

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Dengan mempelajari satu demi satu langkah langkah yang dijelaskan oleh kelompok kami seperti diatas ,,kita dapat mengetahui pilihan-pilihan yang ada dalam menu Tools seperti: Protect documents, Letters and mailing, Envelopes and labels, Letter wizard, Macros, Customize dan Options, dan dapat menerapkannya dalam kehidupah sehari hari.
Protect documents sering di gunakan melindungi dokumen dari campur tangan pihak lain.Letters and mailing di gunakan untuk pembuatan mail merge ( surat dengan banyak alamat yang berbeda lalu dicetak gabung.Envelopes and labels digunakan untuk membuat dan mencetak amplop secara tunggal ataupun massal. Letter wizard digunakan untuk membuat surat melalui fasilitas wizard. Macros di gunakan untuk mengelompokkan bersama-sama sebagai satu perintah untuk menyelesaikan suatu tugas secara otomatis.Customize di gunakan untuk menyusun dan memodifikasi tombol toolbar, menu, dan menu perintah dengan menggunakan mouse atau Anda dapat menggunakan Perintah Atur ulang kotak dialog yang dapat diakses dengan menggunakan menu keyboard. Tugas ini diidentifikasi sebagai (keyboard diakses).dan Options di gunakan untuk melakukan pemilihan dan pengaturan mode pada pilihan menu cetak, save, edit, view, letak file, grammar dan spelling , maupun pengaturan umum ( general ).

B. KRITIK
Makalah ini tentunya memiliki banyak kekurangan, baik dalam hal isi, maupun dalam sistematika dan teknik penulisannya. maka dari itu kritik yang membangun sangatlah berguna bagi kami, untuk pembuatan makalah berikutnya agar lebih maksimal.

C. SARAN
1. Bagi para pembaca dihrapkan mencari sumber-sumber yang lebih lengkap mengenai topik ini supaya pengetahuan pembaca sekalian dapat lebih luas.
2. Pembaca juga tentunya diharapkan mampu termotivasi dan mempraktekan apa yang dibahas dalam makalah ini.
3. Bagi para penulis berikutnya yang akan mengangkat tema yang sama dianjurkan untuk mencari sumber yang lebih banyak supaya karya tulis yang dihasilkan dapat lebih berkualitas.

DAFTAR PUSTAKA

2001. Pelajaran Komputer SMK Bisnis dan Manajemen, Amico Bandung
2000. Mengupas Tuntas Microsoft Word 2000, Elex Media Komputindo Jakarta
2003. Komputer Untuk Relajar : Pengenalan Komputer Dan Windows. Dinastindo Jakarta
Gumawang Atang, 2006. Relajar Otodidak Word, Excel, Power point XP plus Internet, Informatika Bandung
2003. Microsoft Office XP Untuk Sekertaris Modern. Andi Yogyakarta
Kamus Istilah Internet dan Komputer, Lintas Media Jombang
2009/2010. Pelajaran Komputer SMA Semester 2, Simpati Surakarta
Help of Microsoft Word
Translate with google translate
Paint Aplications

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: